Sudah Tahu Apa Itu Jasa Ekspor Barang? Simak Penjelasannya Disini

Siapa yang tidak tahu bila kini teknologi telah berkembang sangat pesat. Karena hal inilah, tidak sedikit orang memanfaatkannya dengan membuka bisnis online. Untuk bisa mengirimkan barang, para pelaku bisnis selalu melibatkan jasa ekspor barang. Tak ayal bila kini jasa pengiriman barang memegang peranan sangat penting. Ingin tahu lebih jelasnya? Yuk simak ulasan berikut.

 


Pengertian Jasa Ekspedisi
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ekspedisi merupakan pengiriman surat, barang, dan lain sebagainya. Atau diartikan pula sebagai perusahaan pengangkutan barang ke berbagai tempat. Sehingga dapat disimpulkan jasa ekspedisi adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang baik itu melalui jalur darat, air, maupun udara.


Tak hanya bekerja untuk pengiriman semata, perusahaan yang bekerja di bidang ini pula memberikan pelayanan secara efektif dan efisien guna memenuhi kepuasan pelanggan. Lazimnya, jasa ekspedisi atau pengiriman barang tidak memperhatikan minimal bobotnya. Barang yang memiliki berat mencapai satu kilogram sekalipun bisa dikirimkan melalui jasa ekspor barang.


Ketika akan mengirimkan barang, adakalanya jasa ekspedisi memberikan harga pengiriman barang yang berdasarkan berat dan jarak kota yang ditempuh. Semakin berat bobot dari suatu barang, maka harga yang dikeluarkan untuk pengirimannya ke daerah tujuan akan semakin mahal pula. Begitu pula bila jarak yang ditempuh semakin jauh, maka akan berpengaruh pada harga.


Mengingat kini banyak sekali orang yang bertransaksi secara online sehingga perusahaan penyedia jasa ekspor bermunculan. Tak ayal bila hampir seluruh kota di Indonesia terdapat jasa pengiriman satu ini. Karena jasa ekspor ini berkaitan erat dengan luar negeri, sehingga diwajibkan memiliki izin usaha yang bernama SIUJPT atau SIPJT.


Apa Saja Persyaratan Ekspor Barang Keluar Negeri?
Dalam hal pengiriman keluar negeri, perusahaan eksportir berperan sebagai pemilik barang yang akan dikirimkan. Dimana sebelum melakukan proses ekspor, jasa ekspor barang wajib memiliki izin yang bisa didapatkan melalui kanal OSS online. Tak hanya itu saja, terdapat berbagai persyaratan lainnya yang perlu dipersiapkan agar proses pengiriman bisa berjalan lancar.


Diantaranya yakni NIB atau Nomor Induk Berusaha yang didalamnya terdapat Nomor Akses Kepabeanan, NPWP Perusahaan, SIUP NIB Online, TDP NIB Online, Packing List, dan Invoice Barang. Sebagai jasa pengiriman handal, pastinya untuk memenuhi segala persyaratan yang disebutkan tersebut merupakan hal yang mudah dan tidak menyulitkan.


Perlu anda ketahui, jika terdapat beberapa komoditas barang ekspor larangan dan dibatasi yang dikenal dengan istilah LARTAS Export. Selain memenuhi segala persyaratan tersebut, alangkah baiknya bila anda memperhatikan barang yang akan diekspor tidak termasuk LARTAS Export. Pasalnya, bila terdapat barang yang terkena LARTAS Export maka diperlukan izin tambahan ke instansi terkait.


Biasanya usai menyiapkan segala persyaratan yang disebutkan diatas, selanjutnya yakni mengurus mengenai biaya atau harga. Bagi jasa yang handal, pastinya telah merinci biaya apa saja yang perlu dikeluarkan untuk pelanggan. Setelah dibayar lunas, selanjutnya tinggal pihak jasa yang mengurusnya agar barang bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat.


Selain pihak perusahaan, urusan pengiriman barang  juga akan ditangani oleh pihak bea dan cukai. Berkat adanya jasa ekspor barang hingga keluar negeri ini, anda tak perlu bingung lagi bagaimana caranya untuk bisa menjangkau pengiriman ke berbagai tempat bahkan ke pelosok sekalipun. Tak ayal bila kepamorannya kini semakin naik di kalangan masyarakat.


Kehadiran jasa pengiriman barang di tengah tengah masyarakat memang menjadi jalan keluar yang sangat solutif. Apalagi kondisi dimana bisnis online sedang maraknya semacam ini, peran perusahaan eksportir sangat diperlukan untuk mengirim barang hingga keluar negeri. Pastikan pula anda telah memilih jasa pengiriman barang yang profesional.